Yang Perlu Dilakukan Setelah Menginstall Ubuntu 10.04 Lucid Lynx


Ini adalah rutinitas yang hampir pasti dilakukan setiap menginstal ulang Ubuntu. Setiap orang rutinitasnya mungkin berbeda-beda. Tapi secara garis besar hampir dipastikan ada 5 tahapan penting yang harus dilakukan.
Hal penting yang harus dilakukan setelah menginstal Ubuntu 10.04 Lucid Lynx.

1. Mengganti server repositori ke mirror lokal

Mengganti repositori ke mirror lokal penting. Tujuannya agar proses instalasi atau update aplikasi bisa lebih cepat. Masuk ke menu System -> Administration -> Software Sources.
Mengganti repositori ke mirror yang berlokasi di Indonesia

2. Mengaktifkan restricted hardware driver

Dalam beberapa kasus, ada kemungkinan hardware yang terpasang memerlukan instalasi driver tambahan. Misalnya untuk kartu grafis Nvidia, perangkat wireless dengan chipset Broadcom, dan yang lainnya. Untuk memeriksa apakah hardware Anda memerlukan instalasi driver tambahan
silakan masuk ke menu System -> Administration -> Hardware Drivers.
Hardware Drivers
Contoh tampilan Hardware Drivers saat mendeteksi ada driver tambahan untuk desktop/laptop Anda

3. Menginstal paket ubuntu restricted extras

Hampir dipastikan tanpa instalasi bundel aplikasi ini, Anda akan merana. Untuk dukungan multimedia wajib hukumnya menginstal bundel aplikasi-aplikasi dari paket meta ubuntu restricted extras.
Buka Terminal (dari menu Applications -> Accessories -> Terminal). Lalu ketikkan perintah berikut ini.
sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras

4. Mengganti themes default

Ubuntu memang distro yang luar biasa. Mudah untuk diinstal, dukungan hardware ok, dukungan komunitas sangat banyak. Tapi sayangnya, default themes yang terinstal tidak bisa memuaskan penggunanya (setidaknya begitulah yang disebutkan oleh sebagian besar pengguna fanatik Ubuntu).
Ya walaupun di rilis Ubuntu 10.04 ini, sudah ada sedikit perbaikan dengan munculnya dua themes baru. Tapi bagi saya sendiri themes dari Ubuntu masih belum memuaskan. Salah satu tempat favorit saya untuk mencari themes-themes gnome, http://gnome-look.org/.

5. Menginstal aplikasi tambahan

Tidak puas dengan Evolution? tinggal instal Thunderbird. Tidak puas dengan Movie Player (Totem)? tinggal instal VLC. Mudah sekali, hampir sebagain besar aplikasi sudah tersedia di repositori Ubuntu.
Silakan jalankan Applications -> Ubuntu Software Center. Cari dan install paket-paket favorit Anda.