Membuat file PDF di Corel Draw X4

Ketika anda mau mengirim file hasil desain dari CorelDraw x4 tentu besar file hasil desainan kita tersebut sangatlah besar, apalagi jika ada banyak halaman, satu halaman saja bisa mencapai 100 MB, nah tentu waktu kita mau mngirin email dengan melampirkan file CorelDraw tadi, maka akan lama sekali proses uploadnya, dan terkadang begitu berhasil terkirim, maka yang kita kirimi file tersebut akan kewalahan waktu membuka email kita tersebut karena akan lama sekali juga mereka downloadnya.
Nah untuk itu cara mensiasatinya file CorelDraw tersebut kita buat dalam bentuk PDF atau singkatan dari Portable Document Format yaitu sebuah dokumen yang dibuat pertama kali pada tahun 1993 oleh Adobe System dengan tujuan untuk memudahkan pertukaran dokumen dalam bentuk digital. Pada awal-awal pembuat File PDF memang tidaklah se populer sekarang ini, hal itu dikarenakan Format PDF masih belum terintegrasi dengan Word Wide Web sehingga membuat Dokumen PDF menjadi lebih lambat untuk di download, selain itu File PDF juga harus bersaing dengan dengan Format lainnya seperi PostScript dan juga Envoy.
Ada banyak cara membuat file PDF ini, diantaranya dengan mengunakan Adobe Destiler, atau dengan menggunakan dopdf-7 dan banyak lagi, akan tetapi disini saya akan men share cara membuat file coreldraw menjadi PDF.
Langsung saja yah…, ikuti cara-caranya sebagai berikut :
Pertama-tama buka Corel Draw x4 anda, saya share cara membuat file PDF menggunakna CorelDraw, mungkin banyak yang belum tahu caranya, padahal ini sudah include di CorelDraw x4, setelah Corel terbuka, coba anda buka satu file desain corel yang pernah anda buat dan akn kita jadikan PDF, seperti contoh saya ini :
a2d07f7dd3749924eddf4daa0547d7f5_gambar-2
Setelah file CorelDraw anda terbuka langsung Klik File + Klik Publishes to PDF maka akan terbuka seperti gambar berikut :
49ea5e7b421a69175a4dc482db9f86a1_gambar-3
Lalu pada File Name anda buat nama file untuk PDF nya, dibawah nya pada Save as Type pastikan PDF yang terpilih, terus di bawahnya lagi pada PDF Preset terserah kebutuhan anda mau pilih yang mana Misalnya untuk Sparasi biasanya pilih CYMK, atau RGB, atau Editing, kesmua itu tergantung kebutuhan anda. LIhat Ilustrasi berikut ini :
ad5464fa6d040a099260c4f2e1e0b38c_gambar-1
Kemudian Anda Klik Setting, maka akan keluar gambar lagi seperti berikut ini :
7d82a01c5c91dcbbde50d4e276f061ea_gambar-4
Nah tinggal pilih pengaturan yang sesuai dengan file anda, sebab ada banyak pilihan menu dan tinggal setting aja sesuai kemauan anda, Nah mudah bukan..?, dan anda tidak perlu khawatir akan file tersebut berubah, dan file pdf ini jika kita buka lagi dengan Corel open with Curve, maka hasilnya sudah di Convert, jika open with Text, maka huruf atau font nya masih bisa di kita edit lagi. Bagaimana menarik tidak cara membuta file PDF dengan CorelDraw x4 ini. Selamat mencoba…!